Selasa, 15 April 2014

Melindungi Anak Dari Kejahatan Seksual


Sebagai orang tua kita harus bisa selalu melindungi anak-anak kita dari berbagai kejahatan yang saat ini sedang marak terjadi,terutama kejahatan seksual.Jujur aku sering sekali menjadi amat sangat takut,karna kebetulan aku mempunyai anak yang ketiga-tiganya adalah perempuan,dimana menurut data Komnas PA,dari 10 laporan kekerasan pada anak,8 diantaranya adalah kasus kejahatan seksual dan 80% korbanya adalah anak perempuan.

Belum lagi cerita teman-teman ditambah dari berita ditelevisi yang semakin membuat aku menjadi Over-protective terhadap anak-anakku maupun keponakanku.Mungkin ada yang menganggap aku parno alias paranoid,tetapi aku tidak perduli dengan anggapan seperti itu,karna menurut aku lebih baik mencegah daripada mengobati.

Untuk itulah aku selalu mencari tau bagaimana caranya agar anak-anakku bisa terhindar dari segala perbuatan tersebut.Karna kemampuan para Predator kejahatan seksual menguasai korban,baik dengan tipu daya maupun ancaman,memang menyebabkan kejahatan ini sulit untuk dihindari,ditambah para pelakunya justru terkadang dari orang terdekat yang ada dilingkungan sekitar kita.


Dan untuk mengantisipasi serta melindungi anak-anak aku mempunyai beberapa saran dan petunjuk yang selalu aku ajarkan pada anak-anak,yakni:

1.Ajarkan.
Berikan pengetahuan tentang seks diusia dini,ajarkan anak untuk bisa menyebutkan anggota tubuh terutama pada daerah vital,kalau aku mengajarkan menyebut daerah vital pada anakku itu dengan istilah "upik"karna kebetulan ketiga anakku,perempuan tetapi tidak menutup juga untuk aku beritahukan untuk istilah bagi anak laki-laki yakni dengan istilah"buyung".Sebagai contoh,aku kerap mengingatkan pada anak-anak bahwa tidak boleh ada yang melihat ataupun menyentuh bagian tersebut kecuali aku,itupun khusus untuk anakku yang paling terkecil,karna ia belum bisa mandi sendiri.Aku juga mengatakan pada anak-anak bahwa sentuhan apapun yang membuat mereka tidak merasa nyaman harus dihindari dan jangan takut untuk berberitahukan aku ,ayahnya,serta guru jika terjadi disekolah.

2.Menghindar
Aku selalu memberitahukan anak-anak untuk selalu menghindari  orang-orang yang tidak dikenal atau yang baru dikenalnya.Dan tidak boleh menerima apapun pemberian dari orang yang tidak dikenal.Sebagai contoh,aku mengatakan pada anakku"Apa yang ade lakukan jika ada seseorang menawarkan hadiah dan memberi makanan"?Untuk itu aku membantunya agar ia menjawab"Tidak".Dan segera menyuruh anak agar pergi dan menghindar dari situasi ini

3.Melawan
Melawan disini bukan dalam artian negatif,disini aku mengajarkan anak untuk melawan jika ada orang asing yang menganggunya,walaupun dalam lingkungan sekolah mereka.Anak-anak harus berani dan tidak boleh takut untuk melapor pada aku,ayahnya,maupun guru mereka.Misal ada orang yang dengan terpaksa memengang tangan anak dengan keras dan berusaha tuk membawanya pergi,disaat genting seperti ini ajarkan anak untuk mencakar,menggigit dan berteriak agar bisa terlepas dari orang asing tersebut.


Tentu masih banyak lagi cara bagaimana untuk melindungi anak-anak kita dari berbagai kejahatan yang ada.Untuk itu aku selalu bisa mengantar dan memjemput anak-anakku dari sekolah tepat waktu.Dengan tujuan untuk melindungi anak-anakku dari berbagai kejahatan yang ada disekitar kita.Dan marilah bersama-sama berusaha dan selalu ingatkan anak-anak untuk waspada.