Kamis, 18 Desember 2014

Berburu Benih Tanaman







                                            
Beberapa waktu lalu saya bersama suami dan kedua anak saya mengunjungi Pameran Flora dan Fauna yang bertempat di Lapangan Banteng Jakarta.Karena kebetulan saat ini ditengah kesibukkan masing-masing kami berdua saya dan suami mempunyai hobby yang sama yaitu melakukan bertanam berbagai tumbuh-tumbuhan,baik itu bunga maupun buah-buahan.Walaupun rumah kami tidak memiliki halaman yang cukup luas tetapi hal itu tidak menghalangi saya dan suami untuk bertanam tanaman yang kami sukai.Saya dan suami mensiasatinya dengan menanam dalam pot apalagi saat ini sudah banyak informasi tentang bagaimana cara bertanam dengan berbagai media tanam.Berbekal informasi yang kami dapat dari internet bahwa ada pameran tumbuhan langsung saya mengajak suami untuk pergi kesana.

berbagai jenis bunga mawar

Akhirnya di minggu pagi yang cerah kami meluncur ketempat yang dimaksud,dengan harapan saya dan suami akan mendapat banyak informasi tentang bagaimana cara bertanam yang baik.Sesampai disana kedua mata saya di manjakan oleh berbagai jenis tumbuhan,yang sangat mengoda,tetapi saat itu saya dan suami belum memutuskan untuk membeli jenis tumbuhan ataupun benih.Kami sengaja berkeliling melihat ada apa saja yang di jual disini.Dan ternyata banyak sekali tumbuhan dan jenis berbagai benih yang dijual disetiap stand,ada pula satu stand yang menjual berbagai bunga plastik atau Actifisial,tidak hanya jenis tumbuhan yang kami dapati tetapi saya dan suami juga dapat mengetahui cara sistem yang saat ini sedang diterapkan oleh beberapa orang yakni sistem bagaimana cara bertanam dengan mengunakan bahan atau media yang bisa kita dapati dari bahan yang sudah tidak terpakai lagi misalnya dengan menggunakan botol bekas minuman,gelas plastik,dan bisa juga kita membuatnya dengan menggunakan pipa pvc.Dengan sistem hidroponik yang saya yakin dengan cara ini semua orang bisa melakukannya,karena sistem yang sangat gampang dipahami serta dibuat sendiri dan tidak membutuhkan banyak tempat.
sistem hidroponik dengan pipa pvc

berbagai jenis jeruk
Tetapi entah kenapa tiba -tiba langit diatas tempat saya singgahi sepertinya tidak bersahabat,mendung pekat dan tidak lama kemudia hujan turun lalu saya dan suami berserta kedua anak kami berteduh pada salah satu stand,tetapi hujan semakin deras akhirnya dengan baju basah semua kami menujuh mobil yang terparkir,tak jauh dari tempat kami berteduh.Dan saya memutuskan pulang kerumah karena saya khawatir kedua anak saya akan terkena flu dan suami saya berjanji akan mengajak saya berkunjung pada hari minggu selanjutnya.
sirih merah

Dan hari yang ditunggu akhirnya tiba,saya dan suami beserta kedua anak saya bersiap-siap meluncur kepameran dan kali ini saya membawa beberapa lipat  payung untuk persiapan jika disana tiba-tiba turun hujan seperti minggu yang lalu.Dan kali ini pun saya beserta suami sudah mencatat apa saja yang harus dibeli disana.Bukan apa-apa takutnya kalau tidak dicatat seperti itu mata saya malah tergoda dengan tanaman yang diluar keinginan..hehhehehheh!!
pada saat ditengan taman TLB

Sesampai disana dan setelah mobil terparkir saya dan suami langsung mencari stand yang menjual beberapa benih yang kami inginkan dan juga membeli beberapa pot untuk menanamnya.Setelah semua yang harus dibeli sudah lengkap tidak lupa saya mengajak kedua anak saya berkeliling mencari stand yang menyediakan makanan,dan bersyukurnya saya bahwa kedua anak saya ketika diajak pergi ketempat pameran seperti itu akan membuat mereka bete,tetapi mereka malahan enjoy...ga rewel minta pulang.
Alhamdulillah anak2 ga ada yg rewel saat disana

Dan akhirnya karena jam sudah menunjukan di angka 14.30 lalu perut kami pun sudah terisi makanan,lalu saya dan suami segera meluncur pulang.Rasanya saya sudah ga sabar lagi ingin segera menanam benih yang kami beli.Saya pun berharap agar pameran seperti ini diadakan lagi.Karena menurut saya dengan adanya pameran seperti ini orang awam seperti saya yang senang bertanam bisa menambah pengetahuan juga dalam hal bercocok tanam khususnya dengan lahan yang sempit,kita juga bisa tau bagaimana caranya menanam dengan cara hidroponik.Dan yang paling penting dengan kita menanam dan juga bisa melakukan penghijauan setidaknya di lingkungan kita sendiri dengan begitu kita bisa mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin buruk saja kwalitasnya.
aksi suami ku sedang membeli beberapa pot
suasana pada saat pameran

bonsai yang cukup menarik
berbagai tanaman dalam pot
ada juga stand trubus
berbagai jenis jeruk

pas disana saya baru tau bahwa ada delima hitam