Sabtu, 14 September 2013

Rahasia Shalat Khusyu



Bismillahir-Rahmaniir-Rahim...


Ada seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf,dia sangat wara dan sangat khusyu shalatnya.Namun dia selalu khawatir bahwa ibadahnya kurang khusyu dan selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih baik ibadahnya,demi untuk selalu memperbaiki dirinya yang selalu dirasakan kurang khusyu dalam beribadah.


Pada suatu hari,Isam menghadiri majelis dan bertemu dengan seorang ahli ibadah Hatim al Isam dan bertanya:"Wahai tuan,bagaimana caranya tuan sholat?"




Hatim menjawab:"Apabila masuk waktu sholat aku berwudhu' lahir dan batin."


Isam bertanya:"Bagaimana berwudhu' lahir dan batin itu?"


Hatim menjawab:"Wudhu' lahir sebagaimana biasanya,yaitu membasuh seluruh anggota tubuh dengan air suci,Sementara wudhu batin ialah membasuh hati dengan tujuh perkara:


1.Bertaubat
2.Menyesali dosa yang dilakukan
3.Tidak tergila-gila pada dunia
4.Tidak mencari/mengharap pujian orang(riya')
5.Tinggalkan sifat berbangga
6.Tinggalkan sifat khianat dan menipu
7.Meninggalkan sifat dengki


Selanjutnya Hatim berkata:"Kemudian aku pergi kemasjid,aku hadapkan semua anggota tubuhku kekiblat.Aku berdiri dengan penuh konsentrasi dan aku bayangkan Allah ada dihadapanku,syurga disebelah kananku,neraka disebelah kiriku,malaikat maut berada dibelakangku,dan aku bayangkan bahwa aku seolah-olah berdiri diatas titian'Sirratul Mustaqim' dan aku menganggap bahwa sholatku ini adalah sholat terakhirku,kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik.


Setiap bacaan dan doa dalam sholat kupahami maknanya,kemudian aku ruku'dan sujud dengan tawadhu,aku bertasyahud dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas.Beginilah cara aku sholat selama 30 tahun ini.


Mendengar hal tersebut Isam pun menangis,karena membayangkan ibadahnya yang kurang baik jika dibandingkan dengan Hatim.